Anjing Pelacak Dikerahkan - BUSER-NEWS | Berani Demi Tegaknya Hukum & Keadilan

Hot

Post Top Ad

Friday, February 23, 2018

Anjing Pelacak Dikerahkan

istimewa

BUSER-NEWS.COM-RIAU | Disaat pemerintah sedang galak-galaknya memberantas peredaran narkoba. Sebuah Kapal Taiwan jenis Winlong BH 2999 ini,  malah nekad membawa 3 ton sabu di Perairan Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.
Kapal berbendera Taiwan ini memang gila. Di tengah hiruk-pikuk kasus kapal pengangkut sabu-sabu, mereka malah mencoba nekad menembus Indonesia. Akibatnya, kapal ini pun diamankan.
Jumlah sabu-sabu yang dibawa kapal Win Long BH2998 ini masih simpang siur. Ada yang menyebutkan 3 ton. Namun, untuk memastikan hal tersebut, petugas mambawa anjing pelacak yang sebelumnya berhasil mengungkap penyelundupan sabu 1,6 ton.
"Ini bawaan termasuk besar dalam kasus pengangkut sabu-sabu di Indonesia sebulan terakhir. Sebelumnya ditangkap kapal berbendera Cina mengangkut 1 ton sabu-sabu. Dua hari lalu, sebuah kapal berbendera Singapura yang membawa 1,6 ton sabu-sabu," sebut Kanwil Ditjen Bea Cukai Khusus Kepri. 
Kapal pengangkut sabu ini diamankan di Perairan Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. “Saya mendapat laporan ada penangkapan baru, kapal dibawa ke Tanjungbalai Karimun, dari Tim Gabungan Bareskrim,” kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Batam, Kepri, Jumat (23/2/2018).
Kapal pengangkut 3 ton sabu itu ditumpangi 28 anak buah kapal (ABK) masing-masing warga negara asing dan warga Indonesia.
Sebelumnya juga, Kapolri Jendral, Tito Karnavian telah menjelaskan soal penangkapan kapal lain yang diduga mengangkut sabu. Hal itu disampaikannya dalam konferensi pers ‘Pengungkapan 1,622 Ton Sabu’ di Pelabuhan Sekupang, Batam.
“Memang ada (penangkapan lagi). Saya dengan Ibu Menteri tadi baru mendarat di Batam, sudah mendapat laporan baru, adanya penangkapan baru kapal,” ujar Tito.
Sementara itu, Tito dan Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan penghargaan kepada tim gabungan yang menggagalkan upaya penyelundupan 1,6 ton sabu-sabu di Perairan Kepri.
Sabu-sabu diselundupkan menggunakan kapal ikan yang disamarkan dalam kompartermen khusus dan masuk wilayah perairan NKRI.
“Pengungkapan narkoba ini adalah bentuk penyelamatan generasi muda dari bahayanya narkoba," pungkasnya. (bsr)

Post Top Ad

Your Ad Spot