Penyelundupan Sabu Digagalkan, Gembongnya Mati Ditembak - BUSER-NEWS | Berani Demi Tegaknya Hukum & Keadilan

Hot

Post Top Ad

Tuesday, February 27, 2018

Penyelundupan Sabu Digagalkan, Gembongnya Mati Ditembak


BUSER-NEWS.COM-MEDAN | Tim gabungan mulai dari BNN, Polda Sumut, Polrestabes Medan, Polres Langkat dan Jabatan Siasatan Jenayah Narkotik Polis Diraja Malaysia (JSJN PDRM) berhasil menggagalkan selundupan sabu jaringan internasional.

Dalam penangkapan itu, petugas berhasil menangkap 4 tersangka, namun satu tersangka harus ditembak mati karena berusaha melakukan perlawanan saat akan ditangkap. Selain itu, petugas juga menyita barang bukti berupa 15,53 kg dan 79.905 butir ekstasi, Minggu (25/2/2018) lalu. 

"Dari 4 (empat) tersangka yang diamankan, satu diantaranya terpaksa diberi tindakan tegas terukur dengan cara menembak hingga tewas karena berusaha melarikan diri,"kata Direktur Psikotropika BNN RI Brigjen Anjan Pramuka saat di kamar mayat RS Brimob, Selasa (27/2/2018).

Dia menjelaskan berawal dari adanya informasi JSJN PDRM yang menyatakan bahwa adanya pengiriman narkotika jenis sabu dan ekstasi dari Malaysia ke lndonesia melalui jalur laut.

Menanggapi tersebut, BNN kemudian membentuk Satuan Tugas Operasi (Satgas Ops) gabungan bersama dengan BNN Provinsi Sumut, Polda Sumutera, Polrestabes Medan, dan Polres Langkat.

Berdasarkan pantauan dan penyelidikan yang dilakukan Satgas Ops, akhirnya pada Minggu (25/2/2018) sekitar pukul 12.25 WIB berhasil diamankan 4 (empat) pria, masing-masing bernama AR alias Amir (23), AM alias Amrizal (26), ZU alias Zul (35), dan DS alias Marpaung (34).

"Para tersangka diamankan di tempat yang berbeda. Tersangka AR yang merupakan warga Aceh diamankan di sebuah halaman hotel yang berada di Kawasan Gatot Subroto, Medan, Sumatera Utara, pada pukul 12.45 WIB, dengan barang bukti berupa 14.552,4 gram sabu dan 70.905 butir ekstasi," paparnya.

Anjan juga mengungkapkan petugas kemudian melakukan penggeledahan di rumah tersangka AR yang berada di kawasan perumahan Taman Impian Indah Sakti Luhur, Medan, Sumatera Utara, dan menemukan barang bukti narkotika jenis sabu dengan berat 501 gram.

"Sekira pukul 14.00 wib, petugas mengamankan tersangka DS dan ZU yang juga merupakan warga Aceh, di wilayah Pondok Kelapa, Medan, Sumatera Utara,"katanya.

Sedangkan tersangka AM yang merupakan koordinator lapangan dari jaringan sindikat ini diamankan di Wilayah Gebang, Langkat, Sumatera Utara.

"Tersangka terpaksa kita lumpuhkan hingga tewas, lantaran pada saat dilakukan pengembangan ke daerah Tamiang, perbatasan Aceh dan Sumatera Utara, Ia berusaha melawan petugas untuk melarikan diri," tegasnya. (rul)

Post Top Ad

Your Ad Spot