Gawat! di Kota Serang, 10.141 Calon Pemilih Gak Punya e-KTP - BUSER-NEWS | Berani Demi Tegaknya Hukum & Keadilan

Hot

Post Top Ad

Wednesday, March 28, 2018

Gawat! di Kota Serang, 10.141 Calon Pemilih Gak Punya e-KTP

KPU Kota Serang berkonsultasi ke Disdukcapil Kota Serang. (foto;detikcom)
BUSER-SERANG | KPU Kota Serang menetapkan sebanyak 10.141  Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Pilwalkot 2018 di antaranya tak memiliki KTP elektronik.

Permasalahan ini kemudian oleh KPU Kota Serang dilaporkan ke pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan meminta agar dilakukan perekaman atau diterbitkan surat keterangan sebagai syarat pemilihan, Selasa (27/3/2018).

"Kita tindak lanjuti ke Dukcapil, yang pasti 10.141 sudah masuk di DPS. Perlakuannya seperti apa, nanti Dukcapil, yang pasti tidak menghilangkan hak konstitusional (pemilih)," kata Kasubag Program dan Data KPU Kota Serang, Refa Kuswanto kepada wartawan.

Menurutnya, berdasarkan aturan KPU para pemilih harus menggunakan KTP elektronik atau surat keterangan. Perbaikan ini bisa dilakukan sampai ke penetapan DPT (daftar pemilih tetap) yang akan diumumkan pada rentang 13-19 April.

Sekretaris Disdukcapil Kota Serang, Hudori mengatakan, ke 10.141 warga tersebut akan dilakukan perekaman secepatnya. 

Pun demikian, Hudori mengatakan alat perekaman KTP elektronik hanya ada di Kecamatan Cipocok, Kasemen, dan Walantaka dalam kondisi baik. Sisanya, 3 kecamatan lain alat perekam dalam kondisi rusak.

"Caranya sekarang sedang berlangsung perekaman jembut bola," kata Hudori.

Ia mengatakan, sekurang-kurangnya Dukcapil akan melakukan perekaman pada 10.141 warga yang ada di DPS KPU secepatnya. Pihaknya juga mengklaim akan melakukan perekaman ke sekolah menengah atas dengan kerjasama dengan Dinas Pendidikan.

"Kemaren kita SMK, kita rekam satu hari 150, ini efektif. Kita akan lakukan itu," ujarnya.

Hudori juga mengatakan dari total 430.320 wajib KTP di Kota Serang, Dukcapil menurutnya baru merekam 97% warga. Atau menurutnya sekitar 17 ribu warga yang belum memiliki KTP elektronik. (bsr)


sumber : detik.com
editor : irul/buser-news.com

Post Top Ad

Your Ad Spot