KPK Diminta Telusuri Dugaan Keterlibatan Pejabat Kemenkumham - BUSER-NEWS | Berani Demi Tegaknya Hukum & Keadilan

Hot

Post Top Ad

Tuesday, July 24, 2018

KPK Diminta Telusuri Dugaan Keterlibatan Pejabat Kemenkumham

Terkait OTT Kalapas Sukamiskin

istimewa
BUSER-JAKARTA | Anggota Komisi III dari Fraksi Partai, Hanura Sarifuddin Sudding meminta Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) terus menelusuri dugaan keterlibatan pejabat lain di Kementerian Hukum dan HAM ( Kemenkumham) terkait OTT Kepala Lapas Sukamiskin, Wahid Husein.

Menurut Sudding, praktik suap pemberian fasilitas mewah dan izin khusus bagi narapidana di lapas tidak hanya berhenti di tangan Kepala Lapas. 

"Saya kira tidak hanya sebatas pada Kalapas. Ini perlu diusut lebih jauh tentang keterlibatan Kementerian Hukum dan HAM," ujar Sudding dalam Rapat Dengar Pendapat antara KPK dan Komisi III di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/7/2018). 

Sudding meyakini pemberian fasilitas dan izin khusus bagi narapidana juga diketahui oleh pejabat yang lebih tinggi di Kemenkumham. 

Ia pun menilai bahwa seharusnya ada pejabat di kementerian yang bertanggungjawab terkait adanya praktik korupsi di dalam lapas. 

"Karena ada indikasi kuat bahwa pemberian izin dan fasilitas terhadap narapidana yang ada di lapas itu sepengetahuan dari kementerian," kata Sudding.

"Saya kira ini perlu ditelusuri lebih jauh, tidak hanya sebatas pada kalapasnya, terlalu kecil kalau dia jadi korban. Saya rasa perlu ada yang bertanggungjawab atas persoalan ini," ucapnya. 

Ditemui secara terpisah, Wakil Ketua KPK Laode M. Syarif mengatakan pihaknya masih melakukan pengembangan terkait penyelidikan kasus tersebut. 

"Kami sedang berusaha mengembangkan penyelidikan," pungkas Laode. (*)



sumber : kompas.com
editor : rul/buser-news.com

Post Top Ad

Your Ad Spot