Ini Penjelasan PVMBG Terkait Lubang Raksasa di Tengah Sawah - BUSER-NEWS | Berani Demi Tegaknya Hukum & Keadilan

Hot

Post Top Ad

Sunday, September 9, 2018

Ini Penjelasan PVMBG Terkait Lubang Raksasa di Tengah Sawah

 Lubang di tengah sawah warga Sukabumi itu hanya 3 meter, tetapi kini berukuran 6 meter dan dikhawatirkan terus membesar. (Liputan6.com)

BUSER-SUKABUMI | Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menjelaskan fenomena lubang raksasa muncul di sawah warga di Kampung Legoknyenang RT 5 RW 2, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kepala PVMBG Kasbani mengatakan gerakan tanah yang terjadi diperkirakan berupa amblasan membentuk lingkaran berdiameter 6 meter dengan kedalaman 6 meter. Terlihat juga retakan di bagian pinggir lubangnya.

"Di bawah sawah ada saluran (terowongan) air sepanjang kurang lebih 50 meter yang struktur tanahnya sudah labil, karena rembesan air dari persawahan sekitarnya," kata Kasbani kepada Liputan6.com, Sabtu (8/9/2018).

Faktor lainnya, Kasbani melanjutkan, dikarenakan sifat fisik batuan penyusun yang kurang kompak, mudah meluluskan air, dan mudah luruh jika kena air.

"Sistem drainase yang kurang baik. Tata guna lahan berupa sawah yang jenuh air. Dab saluran air alami tidak mengikuti kontruksi teknis yang sesuai," paparnya.

Dampak dari gerakan tanah tersebut juga membuat areal sawah rusak. (*)


sumber : Liputan6.com

Post Top Ad

Your Ad Spot