Alat Canggih & Ratusan Personel Diturunkan, Black Box Lion Air JT-610 Belum Juga Ditemukan - BUSER-NEWS | Berani Demi Tegaknya Hukum & Keadilan

Hot

Post Top Ad

Wednesday, October 31, 2018

Alat Canggih & Ratusan Personel Diturunkan, Black Box Lion Air JT-610 Belum Juga Ditemukan

Petugas melalukan pencarian.  (istimewa) 

BUSER-JAKARTA | Walau pun sudah menggunakan peralatan canggih dan menurunkan ratusan personel,  namun hingga saat ini kotak hitam (black box) dan badan pesawat Lion Air JT-16 yang jatuh diperairan Karawang belum juga ditemukan,  Rabu (31/10/2018).

Kepala Bagian Humas Basarnas, Suheri Sinaga menjelaskan peralatan-peralatan sudah digunakan semua demi mencari bagian utama pesawat Boeing 737 Max 8. 

Peralatan itu meliputi ping locator, multibeam echosounder, side scan sonar, hingga USBL transponder. 

"Semua alat sudah digunakan," kata Suhri dilansir detik. com, Rabu (31/10/2018).

Selain alat canggih, sebanyak 800 personel yang terlibat dalam pencarian, termasuk di dalamnya 150 personel Basarnas, ditambah personel TNI AL hingga kepolisian juga sudah diturunkan. Namun hingga saat ini belum ada ditemukannya tanda-tanda ditemukannya black box milik Lion Air JT-610.

"Kenapa belum ditemukan? Pasti jawabannya larinya ke arah black box. Kami sudah berusaha di radius yang sudah ditentukan, namun saat ini belum ditemukan main body-nya," tutur Suhri.

Dihubungi terpisah, investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ony Suryo Wibowo menjelaskan perihal belum ditemukannya bagian utama dan kotak hitam pesawat itu. Dia mengatakan sumber daya KNKT sudah dikerahkan untuk mencari kotak hitam.

"Sumber daya KNKT dimanfaatkan untuk mencari di mana reruntuhan besarnya, sukur-sukur black box masih menempel. Kalau menemukan black box maka otomatis ketemu wreckage yang besar," kata Ony.  (dtk/bsr)

Post Top Ad

Your Ad Spot