TNI & Polri Siap Amankan IMF di Bali - BUSER-NEWS | Berani Demi Tegaknya Hukum & Keadilan

Hot

Post Top Ad

Thursday, October 4, 2018

TNI & Polri Siap Amankan IMF di Bali

Kapolda NTB Bgrijen Achmad Juri didampingi Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal  Ramdhani saat pimpin apel kesiapan pengamanan  pertemuan tahunan IMF-World Bank 2018. 

 BUSER-MATARAM | Moumentum pelaksanaan pertemuan tahunan IMF - World Bank yang akan dilaksanakan tanggal 8-14 Oktober 2018 mendatang di Nusa Dua Bal akan dihadiri para pemimpin ekonomi dari  sejumlah negara yang tergabung dalam IMF mendapat perhatian khusus dari aspek keamanan.

Pengamanan tersebut melibatkan seluruh unsur aparatur negara hingga aparatur sipil negara guna memastikan kesiagaan dan kesiapan Pam IMF tersebut.

Apel kesiapan pengamanan pertemuan tahunan IMF World Bank tahun 2018  tersebut digelar di lapangan  halaman  Kantor Gubernur NTB, Kamis (4/18/2018).
Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., selaku Dansatgas Evakuasi Wilayah NTB mengambil Apel dan mengecek kesiapan personel pengamanan baik TNI, Polri maupun instansi terkait.

Pada kesempatan tersebut, alumni Akmil 93 ini menyampaikan selama pelaksanaan pertemuan IMF - World Bank di Bali, personel TNI, Polri dan instansi terkait selaku pendukung dilibatkan dalam pengamanan VVIP khususnya terkait dengan perbantuan evakuasi apabila terjadi bencana alam selama pelaksanaan di Daerah Provinsi Bali.

"Adapun apel kesiapan ini bertujuan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan pengamanan baik secara perorangan maupun satuan sesuai Protap Pengamanan VVIP yang berlaku, serta untuk memastikan sinergitas dan kerjasama diantara semua unsur pengamanan yang terlibat", jelasnya.


Ditegaskannya, satuan TNI di NTB bersama Polda NTB serta seluruh unsur pendukung lainnya harus selalu bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengamanan jika terjadi hal-hal yang dapat menggangu jalannya pertemuan tahunan IMF - World Bank seperti bencana alam dan lainnya. 

Mengakhiri sambutannya, pria kelahiran Jakarta ini memberikan empat penekanan diantaranya agar mencermati dan mengikuti perkembangan situasi secara terus menerus dengan tetap waspada terhadap setiap ancaman dan melakukan koordinasi secara optimal sehingga tidak ragu dalam bertindak di lapangan.

Gelar apel kesiapan pengamanan pertemuan tahunan IMF World Bank dihadiri para Pimpinan TNI di NTB diantaranya Danlanal Mataram, Danlanud ZAM, Kapolda NTB, Pimpinan instansi terkait,  Para Kasi dan Dandim jajaran Korem, Dan/Ka Satdisjan dan ribuan gabungan personel TNI Polri serta instansi terkait.

"Sesuai instruksi Presiden melalui SPRINT Pangdam, Korem 162/WB diberi tugas sebagai Komandan sub sektor PAM IMF bila terjadi evakuasi  di Bali. NTB dijadikan salah satu sasaran evakuasi para tamu VIV dari acara IMF," pungkas Rizal.  

Pengamanan itu sendiri dilengkapi dengan fasilitas evakuasi lengkap jalur udara maupun jalur laut. 

Selain alternativ evakuasi ke NTB, ada juga alternatif ke Banyuwangi atau ke Surabaya tergantung situasi arah paparan bencana yang diperkirakan. Arah evakuasi akan diterima di pelabuhan lembar untuk diteruskan menuju BIL dengan pengawalan SATGASGAB VIV IMF dan selanjutnya diterbangkan untuk keluar dari Indonesia.  (red/N3G)

Post Top Ad

Your Ad Spot