Polda NTB Bongkar Sindikat Human Trfficking - BUSER-NEWS | Berani Demi Tegaknya Hukum & Keadilan

Hot

Post Top Ad

Wednesday, October 10, 2018

Polda NTB Bongkar Sindikat Human Trfficking

Ketiga tersangka kasus trafficking yang diamankan Pokda NTB.

BUSER-MATARAM | Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali mengungkap pelaku dan korban perdagangan manusia (human trafficking) yang diduga terlibat dalam sindikat Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Kasubdit IV Polda NTB, AKBP Ni Made Pujewati, SIK. MM mengungkap, dalam perkara ini pihaknya berhasil mengamankan 3 tersangka masing-masing perekrut berinisal SB alias IR dan AM sementara untuk agen berinisial ZA alias U.

Pengungkapan kasus human trafficking ini berawal dari adanya laporan salah satu korban yang dipulangkan oleh majikannya. "Korban direkrut lada bukan April dan diberangkatkan pada bulan Mei. Selama dua bulan disana korban sakit sehingga tidak bisa kerja, selanjutnya majikan korban memulangkan korban tanpa diberi upah (gaji) sesuai dengan perjanjian. Karena merasa dirugikan, korban pun melaporkan kejadian itu sama puhak kepolisian," terang Ni Made, Rabu (10/10/2018).

Lanjutnya, setelah dilakukan terdapat beberapa tindak pidana. Berkas kedua tersangka akan dilimpahkan hari ini, Rabu (10/10/2018). 

Perkara selanjutnya berdasarkan LP/228 diungkap pada hari Senin hingga Selasa (3/10/2018) kemaren, dengan 9 orang korban. Dan satu tersangka, AM sebagai perekrut.

"Modus yang dilakukan  para tersangka yaitu dengan membujuk rayu keluarga korban dengan memberikan sejumlah uang. Para korban dipreiser untuk berbohong saat melakukan interview dalam pengurusan dokumen di imigrasi. Bagi yang mengalami gangguan kesehatan, dokumen keterangan  cek upnya dipalsukan sehingga pihak konsumen tenaga kerja yakin bahwa yang bersangkutan sehat dengan imbalan 4 - 5 juta rupiah perorang," jelas Ni Made. (red/n3g)

Post Top Ad

Your Ad Spot