Bontot Sabu, AKBP Hartono Dicopot

Iklan Semua Halaman

Bontot Sabu, AKBP Hartono Dicopot

30 Juli 2018

AKBP Hartanto (istimewa)
BUSER-KALBAR | Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Didi Haryono mengakui adanya penangkapan seorang perwira polisi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Diduga dia adalah AKBP Hartono, Wadir Reserse Narkoba Polda Kalimantan Barat.

“Itu benar dan tadi saya sudah beri keterangan pers,” jelas Kapolda saat dikonfirmasi, Minggu (29/7/2018).

Katanya, pihaknya akan menindak tegas jajarannya yang terlibat dalam kejahatan narkoba. Bahkan, Didi memastikan, perwira yang diamankan di Bandara Soekarno Hatta akan mendapatkan sanksi.

"Saya selaku Kapolda terkait kejahatan narkoba, siapa pun yang berafiliasi dan bersindikasi, termasuk di jajaran kami, dengan tindakan tegas akan kami proses sebagaimana aturan hukum yang berlaku," ucapnya.

Sebelumnya, Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Kombes Viktor Yogi Tambunan mengatakan telah menangkap AKBP Hartono lantaran membawa sabu seberat 2,38 gram.

Hartono ketahuan membawa barang haram itu saat berada di Bandara Soekarno-Hatta, pada Sabtu (28/7/2018) jam 06.20 WIB lalu. 

Petugas Avsec curiga saat H melewati mesin x-ray, ada serbuk putih ditemukan di sana. Petugas pun mengamankan pelaku dan menyerahkannya ke polisi.

Sementara, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen M Iqbal lebih menegaskan kalau AKBP Hartono kini telah diamankan dan diproses serta dipastikan akan dicopot dari Polri.

“Oknum AKBP H tersebut sudah dicopot dari jabatannya dan kita proses pelanggaran kode etik profesinya dan proses pidananya,” jelas Iqbal. (*)