Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya Keselamatan Dan Kesehatan

Iklan Semua Halaman

Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya Keselamatan Dan Kesehatan

28 Januari 2020
Medan, Buser News - Memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional yang jatuh pada tanggal 12 Januari sampai dengan 12 Februari, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara Bersama 5 (lima) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) yaitu PLN UP3 Medan, Medan Utara, Lubuk Pakam, Binjai dan Bukit Barisan menggelar Upacara Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional dan Pernyataan Dimulainya Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional. 

Upacara Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau Apel K3 Nasional tersebut dipimpin langsung oleh Walikota Binjai H.M Idaham, SH, M,Si didampingi General Manager PLN UIW Sumut Irwansyah Putra, Senior Manager Distribusi PLN UIW Sumut Taufik Hidayat serta jajaran Manajemen PLN UIW Sumut, Selasa (28/1/2020) di Lapangan Merdeka Kota Binjai.

Dengan mengusung tema pokok bulan K3, "Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi", apel itu dilaksanakan untuk menguatkan pemikiran seluruh elemen pegawai dan Mitra kerja di setiap Unit PLN komitmen akan pentingnya penerapan K3 untuk menghindari kecelakaan kerja.

Walikota Binjai H.M Idaham, SH, M,Si membacakan sambutan dari Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia yang isinya  dalam hal peningkatan SDM berkualitas dan berdaya saling perlu pemahaman K3 yang komprehensif bagi SDM yang ada di perusahaan, guna memastikan dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan beresiko dapat dilakukan secara aman dan pada akhirnya dapat menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman efisien dan produktif.

Sementara itu terkait keselamatan kerja, berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan mencatat, sepanjang 2018 terdapat 157.313 kasus kecelakaan kerja dan sepanjang Januari hingga September 2019 terdapat 130.923 kasus. 

"Termasuk dalam kategori kecelakaan kerja adalah kecelakaan lalu lintas pada perjalanan pekerja menuju tempat kerja, serta perjalanan pulang dari tempat kerja menuju tempat tinggal. 

Tujuan K3 tidak hanya memberikan perlindungan tenaga kerja dan orang yang berada di tempat kerja, tetapi juga bagaimana mengendalikan resiko terhadap peralatan, aset, dan sumber produksi sehingga dapat digunakan secara aman dan efisien.

Turut dibacakan "QUOTES BULAN K3 NASIONAL TAHUN 2020" Dari Divisi HSSE PLN Pusat yang selalu wajib dibacakan pada setiap pagi, siang dan malam selama Bulan K3 Nasional Tahun 2020, yaitu :

Kepada seluruh pegawai PLN Group dan mitra kerja PLN Group, diingatkan agar melaksanakan pekerjaan secara aman, memulai pekerjaan dengan ijin kerja sebagai bagian dari pengendalian risiko kecelakaan, pastikan memeriksa instalasi yang dikerjakan dalam kondisi aman, dan ingat *SAFETY* :
*S* : Selalu berkomitmen menjalankan prosedur kerja yang sesuai dan memastikan diri sendiri bekerja secara aman,
*A* : Aktif mengingatkan rekan-rekan kerja untuk selalu memperhatikan keselamatan saat bekerja,
*F* : Fit dan sehatnya tubuh selalu menjadi syarat pertama dan utama ketika akan bekerja,
*E* : Eliminasi bahaya dikedepankan sebagaimana hirarki pengendalian bahaya,
*T* : Taat akan perintah pengawas dan menjalankannya dengan baik,
*Y* : Yakin akan pulang dengan selamat jika bekerja dengan safety.

Lokasi kerja hanyalah ruang singgah sementara, sebab tempat pulang Anda adalah keluarga. Nyawa tidak hanya untuk hari ini saja.

Dipenghujung acara adapun pembina apel, Manajemen PLN UIW Sumatera Utara serta Muspida dan Muspika yang turut Hadir melakukan inspeksi peralatan kerja seperti mobil operasional, stick 20 kV, tools, tangga, rambu-rambu penanda pekerjaan dan alat pelindung diri yang terdiri dari, helm, rompi, sepatu safety, sabuk pengaman (Body Harness) dan kacamata. (Red.Su/Maulana)